Berbagai Macam Pemicu Stress Saat Menyusui Bayi, Yang Manakah Kamu?

Mengalami stress saat mulai menyusui adalah sesuatu yang wajar. Karena stress adalah bentuk respon normal dari diri kita terhadap suatu perubahan. Dan sangat mungkin tubuh mu merasa ada perubahan yang besar setelah mulai menyusui bayi. Dimana kamu harus mulai berbagi gizi dari makanan yang kamu makan kepada makhluk lain yang sampai usia 6 bulan hanya bergantung pada mu sebagai ibunya untuk urusan gizi dan makanan sekaligus minuman.

Jika ingin mengobati atau mengurangi stress menyusui ini, maka sebelumnya kamu harus tahu dulu apakah yang memicu rasa stress mu? berikut ini adalah berbagai macam kemungkinan yang mungkin bisa memicu stress saat menyusui bayi. Pertama adalah sakit dan rasa trauma setelah melahirkan, jika ini pemicunya makan satu-satunya solusi untuk meredakan stressnya adalah dengan cara mendapatkan perawatan pasca melahirkan yang bis mengurangi rasa sakitmu. Berkonsultasilah dengan dokter kandunganmu terlebih dahulu. Kedua, merasa tidak didukung dan merasa tidak percaya diri dengan ASI mu.

Untuk masalah ini mungkin kamu bisa langsu komunikasikan dengan orang-orang terdekat terutama pasanganmu. Katakan bahwa kamu mengalami kesulitan dan akan membutuhkan banyak support untuk bisa menyusui anak mu. Ketiga, karena lelah. Menjadi ibu bisa sangat melelahkan, itu benar. Mengurus anak yang bergantung pada diri mu sangat menguras tenaga. Maka dari itu, tidak usah meras bersalah dan mulailah istirahat disela-sela menjaga anakmu. Ketika Si Kecil istirahat, tidak ada salahnya kamu istirahat juga. Jika merasa tidak mampu mengerjakan sendiri, maka tidak ada salahnya meminta bantuan.

Atau mungkin kamu merasa stress karena SI Kecil rewel? Sudahkah kamu mengecek, bisa jadi Si Kecil memiliki ruam atau iritasi karena popok. Solusinya, kamu bisa menggunakan popok yang lembut dan bersirkulasi udara baik seperti dari brand Merries. Tak ada salahnya loh mencoba sesuatu yang baru! Semoga stress mu cepat teratasi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *