Asumsi Salah Tentang Dana Pensiun

Dana Pensiun adalah dana yang kita persiapkan untuk masa tua nanti saat sudah tidak bekerja lagi. Kembali lagi ke pengalaman saya mengecek kondisi dana pensiun di kantor. Dalam proses pengecekan itu, saya terkejut menemukan peraturan mengenai ketentuan pengambilan uang saat pensiun. Selama ini, saya berasumsi bahwa ketika pensiun seluruh dana bisa ditarik. Asumsi yang salah, setelah membaca peraturan – peraturan  DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) sebagai berikut:

  • Maksimum uang yang bisa diambil hanya 20%. Ini peraturan soal penarikkan manfaat saat usia pensiun, yang menetapkan: “Pada saat Manfaat Pensiun jatuh tempo, Peserta dapat meminta untuk menerima pembayaran Manfaat Pensiun pertama sebanyak – banyaknya 20% dari jumlah Dananya” (cuplikan peraturan dibawah ini).
  • Sisa uang pensiun, yang 80%, harus dibelikan Annuitas Seumur Hidup. Annuitas dijual oleh perusahaan asuransi jiwa. Hal ini tercantum dalam peraturan: “Dana Pensiun berkewajiban membelikan Annuitas Seumur Hidup yang bentuk dan perusahaan asuransi jiwanya dipilih oleh Peserta sebagai Manfaat Pensiun” (cuplikan peraturan dibawah ini).
  • Annuitas memberikan pembayaran bulanan. Pengertian Annuitas Seumur Hidup adalah “produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada Peserta yang mencapai usia pensiun seumur hidup” (cuplikan definisi annuitas dibawah ini)

Kesimpulannya, saat pensiun nanti, saya tidak bisa menarik semua uang di rekening dana pensiun. Sesuai peraturan, hanya 20% yang bisa diambil. Sisanya saya akan menerimanya dalam bentuk ‘gaji’ bulanan seumur hidup yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi jiwa.

Apakah saya akan tahu berapa ‘gaji’ bulanan yang akan dibayarkan dari annuitas?

Tentu saja akan diberitahu. Tapi, pertanyaanya,  kapan saya akan tahu. Tiga bulan menjelang pensiun, saya baru akan tahu berapa ‘gaji’ bulanan tersebut, sebagaimana peraturan DPLK berikut:” Dana Pensiun memberitahukan kepada Peserta tentang hak atas Manfaat Pensiun sekurang – kurangnya 3 (tiga) bulan sebelum dicapai Usia Pensiun Normal.

Saya jadi sadar bahwa mengandalkan pensiun hanya dari perusahaan punya risiko. Risikonya tidak kecil. Uang pensiun saya bisa jadi tidak mencukupi untuk menopang kebutuhan hidup masa tua nanti.

Selain tabungan dana pensiun ada juga program asuransi hari tua yang bagus adalah asuransi pensiun yaitu produk proteksi yang melindungi tertanggung dari berbagai resiko finansial yang menimpa ketika ia memasuki masa pensiun.

Selain asuransi pensiun anda juga dapat mengikuti asuransi jiwa untuk mempersiapkan hari tua anda. Banyak asuransi jiwa murah yang ditawarkan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *